5 Bek Termahal Dunia Sepanjang Masa

Lima pemain belakang (bek) sepakbola berikut ini ternyata masuk deretan ‘defender’ yang berbanderol transfer termahal di dunia. Data pada screenshot saya capture langsung pada acara One Stop Football yang disiarkan oleh Trans 7 Sabtu siang (pukul 14.15 WIB) 9 Juli 2011.
Lambang klub sebelum tanda panah menandakan klub asal transfer, sedangkan lambang setelah tanda panah adalah klub tujuan transfer.
bek-termahal

Sekilas ulasan

  1. Rio Ferdinand: pasangan serasi Nemanja Vidic di lini pertahanan MU ini diboyong dari Leeds United pada tahun 2001 dengan banderol super mahal, yakni sebesar 46,8 Juta Euro. Namun hasilnya juga sepadan dan tidak membuat MU rugi. Buktinya MU sangat mendominasi Liga Premier Inggris selama 1 dekade ini.
  2. Fabio Coentrao: inilah pemain yang paling hangat dalam bursa transfer pemain belakang pada tahun 2011 ini. Dari klub Benfica (Portugal), pihak Real Madrid berani memboyongnya dengan nilai transfer yang cukup fantastis (30 Juta Euro). Saya rasa ia akan menjadi tembok yang sangat kokoh bersama pepe di lini belakang Madrid. Namun saya sendiri belum pernah melihat aksi pemain ini.
  3. Pepe: Ini dia bek (pemain bertahan) favorit saya. Penampilannya di Madrid sangat gigih dan ulet. Pemain sekelas Lionel Messi saja (yang notabene pemain bola termahal, terbaik, dan sekaligus terkaya dunia) mampu dihentikan/dimatikan oleh Pepe (dalam beberapa duel ‘El Classico’ musim ini). Tak hanya bagus dalam bertahan, Pepe juga cukup sering merusak pertahanan lawan ketika membantu serangan. Jadi, dia adalah pemain serba bisa.
  4. Alessandro Nesta: nominal transfer yang cukup besar saat kepindahannya dari Lazio ke Milan (tahun 2002) adalah bukti bahwa kepiawaiannya sangat dihargai. Nesta menurut saya tergolong bek yang sangat tangguh dan tenang dalam mematikan pergerakan pemain depan lawan. Tak heran jika Nesta termasuk pemain yang paling banyak tampil membela Milan (selain Paolo Maldini). Selain itu, ia juga langganan Timnas Italia.
  5. Lilian Thuram: Nilai transfernya dari Parma ke Juventus (tahun 2001) membuat ia masuk jajaran defender berbanderol termahal dunia hingga saat ini. Thuram juga tergolong bek yang tangguh. Tak heran jika ia akhirnya menjadi pemain yang selalu diandalkan di lini belakang timnas Prancis selama beberapa tahun.
Nah, bagaimana dengan Anda? Siapa bek favorit Anda dalam daftar 5 bek termahal dunia di atas?
sumber:kafegue.com

0 komentar:

Posting Komentar